Paragraf Induktif dan Deduktif

Posted: March 6, 2010 in 1

Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia, tentunya kita pasti pernah mendengar kata Paragraf Induktif dan Deduktif. sebelum kita bahas pokok bahasan tersebut, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan paragraf ? Paragraf   adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama. Berikut adalah pembahasan dari Paragraf Induktif dan Deduktif, silahkan disimak ^^.

+ Paragraf Induktif:

paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
# Contoh Paragraf Induktif :
Entah beberapa kali sudah Damayanti mengepalkan kedua belah tangannya. Bibirnya berulang-ulang dikatupkanyya, menahan air matanya yang sebentar-bentar hendak keluar. Dicobanya melupakan kemalangan yang menimpa dirinya tetapi tidak berhasil. Ia kecewa, sedih berkepanjangan sehingga menyesatkan dadanya.

+ Paragraf deduktif

paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa – peristiwa yang umum, untuk menuju kepada kesimpulan khusus, yang mencakup semua peristiwa umum diatas.
#Contoh paragraf deduktif
Setiap orang dilahirkan dan di besarkan di dalam lingkungan keluarga. Tak seorangpun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seseorang anak adalah perwujudan cinta kasih kepada orang tua. Secara alamiah orang tua mempunyai rasa cinta kepada anak. Bagaimanapun keadaannya orang tua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.

+ Paragraf Deduktif-Induktif

Kalimat Utamanya terdapat pada awal paragraph, dan di akhir paragraf.

Contoh :

Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s